TSSR Survey

April 6, 2013 § Leave a comment

DSC00075

ada yang gak bisa saya lupain dari liburan tahun 2011 lalu, saya yang penasaran banget sama dunia real telekomunikasi, ketemu sama Paman yang seorang engineer telekomunikasi.

berawal dari ngobrol, curcol dan diskusi sedikit tentang dunia telco sesungguhnya, akhirnya saya diberi kesempatan untuk ikut “nyusup” ke dalam tim beliau. ngikut jalan-jalan ke site dan ikut merasakan gimana rasanya ada di sebuah tim proyek telekomunikasi.

Proyek yang saat itu berlangsung adakah penambahan jaringan broadband operator Telkoms*l. dengan pelaksana vendor Nokia Siemens Network.

Nah, disini akhirnya saya semakin mengerti hierarki/Layering bagaimana bisnis telekomunikasi bergulir. Setidaknya ada 3 pihak swasta yang bermain dalam suatu bisnis telekomunikasi.

1. Operator: operator menyediakan layanan bagi pelanggan. operator secara langsung bertatap muka dengan pelanggan. Indonesia memiliki operator yang sangat banyak dibanding negara lain. sekitar 9 operator bersaing di Indonesia, makanya wajar kalo harga layanan makiiiin murah. karena persaingannya ketat banget. Keras Bos!

operator di Indonesia diantaranya Telkomsel, XL axiata, Three, Indosat, dan lain-lain. (sorry sob, gue gak dibayar buat ngiklanin 😛)

2. Vendor : menyediakan perangkat-perangkat telekomunikasi yang dibutuhkan operator. pemain-pemain vendor di dunia adalah industri besar dan global. diantaranya Ericsson, NSN, Huawei, ZTE, Alcatel-Lucent, Motorola dll.

3. Subcon : mengimplementasikan proyek yang dimiliki vendor. Subcon ini jumlahnya sangat banyak, dan persaingannya juga sangat ketat.

Kebetulan, saat itu proyeknya tentang 3G Broadband deployment di daerah Cirebon-Majalengka-Indramayu. tahap pertama adalah survey BTS existing dulu, kebetulan surveynya lagi brkaitan sama transmisi (disebutnya TSSR Survey)

DSC00053

BTS DCS 1800 Mhz, BTS eksisting punya Flexi.

DSC00025

menuju lokasi site berbekal software+handset TEMS & GPS

DSC00030

BTS itu perangkat di dalem shelter lhoo. bukan di tower..

DSC00072

kabel feeder

DSC00078

project checklist

DSC00035

baterai cadangan. ini paling sering dicuri gan. wah wah…

DSC00055

DSC00033

box alarm, kalo ada apa-apa, alarm ini bakal ngasih tahu ke operator (di BSC)

DSC00064

biar gak kepanasan, shelter juga dilengkapi sama AC loh…

DSC00070

selain BTS di shelter, ada juga BTS outdoor.

DSC00029

satu tower biasanya gak cuma dipake sama 1 operator. biar efisien dan gak kebanyakan tower, pemerintah bikin regulasi buat menggalakan sharing tower. makanya, di satu site, ada banyak BTS. masing-masing milik beberapa operator.

DSC00040

kabel feeder lagi. sama kayak kabel coaxial, cuma ini gede banget gan.. :O

kabel ini tahan dari serangan interferensi noise dari luar kabel

DSC00081

selalu dah ada rokok…. -__-

Where Am I?

You are currently browsing the jalan-jalan category at keep running in the rain.